ANNISA AULIA RAHMAH

Berpacu menjadi yang terbaik

UAS PEMROGRAMAN KOMPUTER

diposting oleh annisa-a-r-fst10 pada 29 June 2012
di Umum - 0 komentar

UAS PEMROGRAMAN KOMPUTER

 

”Atas nama Pencipta Jagat Raya saya Annisa Aulia Rahmah mengerjakan tugas ini dengan jujur”

Bismillaahirrahmaanirrahiim

 

 

  1. Beberapa cara agar Komputer terhindar dari virus

 

Virus pada komputer sangat mengganggu bagi para pengguna maupun komputer itu sediri. Adanya virus pada komputer dapat berefek seperti sistem komputer terganggu sehingga proses dalam sistem berjalan sangat lambat juga data-data dapat terhapus. Berikut ini beberapa cara agar komputer terhindar dari virus :

 

  • Install anti virus

Lakukan install antivirus yang sudah terbukti bahwa antivirus tersebut mampu secara baik memproteksi komputer dari virus. Selain itu pilih antivirus yang memiliki program yang mampu menyaring situs yang dianggap berbahaya karena ancaman virus, sebab aktivitas para pengguna saat ini yang sering kali mencari referensi melalui internet. Dengan begitu antivirus tersebut dapat secara otomatis mendeteksi mana situs yang aman dan bebas dari virus serta situs yang terjangkit virus.

 

  • Update antivirus

Setelah komputer memiliki program antivirus di dalamnya, antivirus tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja. Antivirus harus sering di update karena dengan begitu antivirus akan lebih peka terhadap virus yang menyerang komputer kita. Selain itu antivirus secara otomatis juga akan memiliki pengetauan baru tentang virus-virus terbaru yang mengancam sistem komputer ketika update antivirus terbaru dilakukan. Antivirus yang tidak update tidak aka membaca virus baru.

 

  • Update sistem operasi pada komputer

Selain update antivirus, hal yang penting juga untuk dilakukan adalah update sistem operasi pada komputer kita. Dengan meng-update sistem operasi secara rutin maka sistem pada komputer akan mengikuti perkembangan pengamanan program yang terbaru juga. Resiko masuknya virus pada komputer juga berkurang karena telah tertutupi oleh update sistem operasi yang program pengamanannya telah berkembang.

 

  • Scanning pada USB Flash Disk yang masuk

Penyebaran virus yang paling sering terjadi adalah dengan melalui flashdisk. Oleh karena itu setiap ada flashdisk yang masuk pada komputer harus dilakukan scanning terlebih dahulu sebelum dibuka dengan menggunakan antivirus yang telah ter-update. Setelah dilakukan scan pada flashdisk tersebut, barulah flashdisk aman untuk dibuka. Cara membuka falshdisk yang lebih aman adalah dengan klik kanan kemudian open. Hal ini dilakukan untuk menghindari masuknya virus melalui autoruns yang terdapat pada flashdisk tersebut.

 

  • Back up file penting pada CD/DVD

Cara pengamanan lain terhadap data-data penting pada computer adalah dengan melakukan back up pada CD/DVD supaya tidak mudah terkena virus karena sifat dari CD/DVD yang hanya dapat dibaca. Tetapi sebelum melakukan back up harus dipastikan bahwa file tersebut sudah bebas dari virus.

 

  • Menghindari email spam

Penyebaran virus tidak hanya melalui USB Flashdisk, namun dapat pula tersebar melalui email. Ketika kita mendapatkan email dari sumber yang tidak jelas dan tidak kita ketahui secara pasti maka lebih baik email tersebut segera dihapus, jangan sampai dibuka. Daftar spam pun harus kosong. Jangan sampai membuka email yang terdeteksi sebagai spam.

 

  • Menggunakan Firewall

Dengan mengaktifkan Firewall, komputer dapat terlindung dari spyware, hacker, dan worm. Bagi para pengguna internet, router harus mempunyai Firewall.

 

Referensi :

http://idecapung.blogspot.com/2009/10/12-tips-mengamankan-komputer-dari-virus.html

http://it-newbie.blogspot.com/2011/12/8-tips-ampuh-mengamankan-komputer-dari.html

 

2. Cara untuk membuat Windows 7 pada computer rakitan sebagai system server bai                web server maupun datbase server :

Komputer rakitan merupakan komputer yang dirakit sendiri oleh teknisi yang ahli dalam merakit komputer. Komputer tersebut memiliki kemampuan yang dapat disesuaikan oleh penggunanya karena pembuatannya pun dirancang sendiri. Dalam melakukan perakitan komputer hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan adalah sistem operasi. Disini akan dijelaskan bagaimana sistem operasi Windows 7 pada komputer rakitan digunakan sebagai sistem server baik untuk web server maupun database server.

 

Sistem server yang dimaksud adalah dimana server berperan dalam kepentingan publik. Karena server berhubungan dengan publik sehinga dibutuhkan pengamanan. Server harus memberikan respon ketika terdapat permintaan dari pengguna saat menjalankan komputer.

 

Untuk menggunakan Windows 7 sebagai sistem server pada komputer rakitan adalah dengan menyiapkan program sistem Windows 7 yang sudah siap di install pada komputer rakitan yang udah jadi semua komponennya. Ketika Windows 7 sudah berhasil diinstall pada komputer tersebut sambungkan dengan internet untuk mendapatkan program XAMPP. XAMPP merupakan software yang didalamnya terdapat paket software untuk server baik untuk web server dan database server. Untuk web server menggunakan XAMPP yang versi PHP. Sedangkan untuk database server menggunakan versi SQL. Kedua versi tersebut sudah ada dalam satu paket XAMPP. Jika XAMPP sudah didownload kemudian langsung diinstall pada komputer rakitan tersebut. Dengan adanya XAMP, secara otomatis Windows 7 akan berperan sebagai sistem server baik untuk web server maupun database server.

 

            Referensi :

http://f4bregaz.blogspot.com/2009/02/apa-itu-xampp-kepanjangan-dari-xampp.htmL

 

3. Perbedaan antara Android, iOS, Symbian, dan Windows Mobile

 

Operating System pada handphone sudah sangat beragam dengan fitur-fitur dan aplikasi unggulan yang dimiliki setiap OS. OS yang digunakan untuk handphone diantaranya Android, iOS, Symbian, dan Windows Mobile. Berikut ini penjelasan masing-masing OS tersebut :

 

  • Android

Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux pada handphone. OS Android menyertakan platform terbuka yang artinya para pengguna maupun pengembang dapat menciptakan aplikasi baru sendiri. Hal ini sangat mendukung kreatifitas para programming handphone.  Dapat dikatakan bahwa Android sebagai generasi masa depan sistem operasi yang perkembangannya sangat signifikan dengan berbagai tipe yang mereka keluarkan. Di samping itu, Android merupakan OS yang menyediakan Open Source, dimana para pengembang yang ingin membuat aplikasi sendiri pada Andoid tidak perlu mengeluarkan biaya. Sehingga ketika pengguna ingin download aplikasi-aplikasi Android pun tidak perlu mengeluarkan biaya. Android juga termasuk OS yang aman, tidak seperti OS lain yang dapat terinfeksi oleh virus.

 

  • iOS

iOS merupakan sistem operasi pada handphone yang diproduksi oleh Apple.  Apple sangat inovatif dalam menciptakan software dan perangkat yang multifungsi dan juga user friendly. Dengan iOS, iPhone dapat berhubungan langsung dengan internet. iOS memiliki beragam apliksi yang sangat menarik didalamnya. Hanya saja harga dari perangkat yang berbasis iOS oleh Apple hanya terjangkau bagi pengguna kalangan atas serta bagi para pengembang yan harus mengeluarkan biaya jika ingin membuat aplikasi baru sendiri pada iOS.

 

  • Symbian

Symbian versi baru sekarang ini memiliki kelebihan dibandingkan sebelumnya karena bersifat open application environment dimana para pengembang aplikasi dapat menjadikan ponsel sebagai platform. Selain itu Symbian memiliki antarmuka pemrograman aplikasi (Application Programming Interface) yang mendukung komunikasi hardware dengan software karena API berisi prosedur dan struktur data yang mengatur kernel yang berperan sebagai penghubung antara software dan hardware. Penggunaan handphone yang berbasis Symbian sangat mudah bagi pengguna untuk mengakses aplikasi-aplikasinya. Symbian juga cepat  dalam mengakses data serta keterbatasan memori dapat dikurangi. Tetapi Symbian termasuk dalam OS yang mudah terkena virus sehingga dibutuhkan kewaspadaan pengguna.

 

  • Windows Mobile

Biasanya Windows Mobile (WinMo) terdapat pada handphone jenis PDA dengan fitur yang disediakan seperti pada komputer. Pada handphone berbasis WinMo terdapat Office Mobile, Internet Explorer Mobile, Windows Media Player Mobile, Internet Connection Sharing, multitasking, serta pada taksbar terdapat tampilan volume, waktu, dan tanggal, dll. Aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh WinMo juga sangat mendukung aktifitas para pebisnis. Hanya saja bagi para pengguna biasa, WinMo dirasa susah untuk mengakses aplikasi-aplikasinya, tidak user friendly, baterai perangkat yang menggunakan WinMo lebih boros, kecepatan akses data yang lebih lambat, dan harga perangkat handphone yang berbasis WinMo lebih mahal. Selain itu WinMo merupakan sistem operasi yang tertutup sehingga tidak memungkinkan bagi para pengembang aplikasi dapat membuat aplikasi sendiri secara bebas.

 

Referensi :

http://pointofauthority.tumblr.com/post/7235469319/antara-windows-mobile-symbian-blackberry-ios-dan

http://afdhalnur.blogspot.com/2010/11/macam-macam-os-handphone-beserta.html

http://indra-rockstar.mywapblog.com/macam-macam-sistem-operasi-handphone.xhtml

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :