ANNISA AULIA RAHMAH

Berpacu menjadi yang terbaik

Mesin Server Komputer dan Safe Mode

diposting oleh annisa-a-r-fst10 pada 28 May 2012
di Umum - 5 komentar

Artikel di bawah ini akan menjelaskan secara singkat mengenai mesin server, Mainboard, dan BIOS pada PC dan laptop.

 

Pada komputer baik PC maupun laptop terdapat suatu komponen yaitu mesin server yang peranannya sangat penting dalam komputer. Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. RAM atau Random Acces Memory terdiri dari sekumpulan chip-chip. Penggunaan RAM adalah untuk menampung data yang diproses, instruksi program untuk memproses data, data yang telah diproses dan sedang menunggu untuk dikirim sebagai output, serta juga menampung instruksi sistem operasi pengontrol fungsi dasar dari komputer. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan. Hal yang dilakukan pertama kali ketika mesin server aktif adalah proses membangkitkan Mainboard.

 

Mainboard atau yang biasa disebut motherboard merupakan pengendali komponen hardware serta pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang disana. Mainboard juga melakukan pengaturan lalu lintas data piranti-piranti seperti hardisk, CD-ROOM, keyboard, mouse dan printer. Mainboard juga yang melakukan pengaturan terhadap pemberian sumber daya listrik pada setiap komponen di dalam PC ataupun laptop. Hampir semua komponen komputer terhubung dengan Mainboard tersebut. Fungsi umum dari Mainboard adalah tempat memasangkan processor, RAM, VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.

 

Selain itu, pada mesin server juga dijalankan perangkat lunak administratif. Komponen yang berperan dalam pengendali software tersebut adalah BIOS. BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Ouput System berisikan kumpulan informasi tentang mainboard dan juga merupakan sofware yang berisi perintah-perintah dasar. BIOS mendeteksi semua hardware, procesor dan jika semua telah mereset maka BIOS akan mengaktifkan semua data. Fungsi utama dari BIOS ini adalah sebagai sarana komunikasi antara sistem operasi dengan komponen-komponen yang terpasang pada motherboard. BIOS atau Basic Input/Output System adalah program pertama yang diakses oleh prosesor selama start up untuk memastikan bahwa semua program dasar lainnya seperti hard drive, port, peripheral dan CPU berada dalam kondisi kerja yang baik. BIOS berbeda dari sistem operasi komputer. Sistem operasi berada pada hard drive dan menyediakan user interface yang dapat dilihat pada layar setelah start up. Program BIOS, di sisi lain, dapat ditemukan tepat di chip memori flash atau ROM yang terletak di Mainboard. Read Only Memory (ROM) merupakan kumpulan chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang dibutuhkan saat komputer dinyalakan. ROM tidak dapat ditulisi atau diubah isinya oleh pengguna. ROM dibuat dengan sistem instruksi dan program yang sudah disimpan dan diisikan oleh pabrik pembuatnya. Untuk mengganti isinya adalah dengan menggantinya dengan ROM yang baru. BIOS memiliki beberapa fungsi di komputer tapi tugas utama adalah untuk memuat sistem operasi. BIOS menyediakan instruksi pertama kepada mikroprosesor untuk mengaktifkan komputer.

 

Mesin server dalam kegunaannya tidak boleh menurun fungsinya karena mesin server sangant erat kaitannya dengan kepentingan publik sehingga diperlukan pengamanan. Fungsi server harus berjalan dengan baik karena peran server adalah sebagai pengamanan. Standar sistem keamanan pada mesin server telah disediakan. Mesin server diproduksi dengan mesin khusus seperti Xeon.

 

Bahasan berikutnya adalah mengenai safe mode.

 

Safe mode merupakan opsi pilihan start up windows yang fungsi utamanya menangani jika ada masalah dengan sistem. Windows akan berjalan dengan kondisi minimal, hanya file-file dan driver yang penting saja yang di aktifkan, termasuk juga software-software tambahan sebagian besar tidak diaktifkan. Salah satu cara yang dapat digunakan di hampir semua sistem windows termasuk windows Vista adalah dengan menekan tombol F8 ketika windows sedang booting ( atau ketika komputer mulai menyala dan tampil informasi Memory / hardware ). Setelah itu akan tampil beberapa menu pilihan booting komputer, seperti berikut :

 

Beberapa manfaat Safe Mode

  • Uninstall software yang sebelumnya menyebabkan komputer hang, error dan sebagainya. Kadang setelah di install program tertentu windows bermasalah, maka jika tidak bisa di uninstall melalui mode biasa gunakan Safe Mode.
  • Menonaktifkan aplikasi atau program tertentu. Untuk memudahkan setelah masuk ke Safe Mode, bisa menggunakan aplikasi Autoruns yang bisa diperoleh gratis dari SysInternals. Teknik ini juga bisa dimanfaatkan untuk memeriksa loading komputer yang lambat. Jika tidak ada Autoruns, bisa mengetikkan MSCONFIG di menu Run, untuk menjalankan Sistem Configuration Utility, jika sudah tampil dipilih melalui tab Startup.
  • Memeriksa permasalahan dengan tampilan grafik windows (VGA). Ketika tampilan windows bermasalah, bisa di cek dengan memilih “Enable VGA Mode”, jika berhasil dan tidak melihat masalah, kemungkinan masalah di driver VGA.
  • Menghapus file/virus yang tidak bisa melalui mode biasa. Sebagian antivirus masih bisa dijalankan di safe mode, dan bisa dicoba scan melalui safe mode. Kadang virus tidak berjalan di safe mode, meski banyak juga yg bisa berjalan/atif meski di Safe Mode.
  • Menjalankan System Restore jika sebelumnya diaktifkan, sehingga kondisi sistem bisa dikembalikan ke keadaan sebelumnya.
  • Menjalankan berbagai fitur dari Control Panel, Administrative tools dan sebagainya.
  • Membuka Registry Editor, baik untuk memeriksa maupun untuk mengedit sebagian isinya.

 

Safe Mode merupakan fitur standard Windows dan terkadang cukup bermanfaat untuk beberapa masalah seperti diatas, walaupun terkadang seperi virus juga bisa aktif didalam mode ini, sehingga menggunakan safe mode saja tidak cukup.

Sumber :

http://androes.blog.uns.ac.id/tag/motherboard/

http://www.belajarpc.info/apa-itu-motherboard.htm

http://jeniuspemalas.blogspot.com/2008/12/apa-itu-server.html

http://agussale.com/apa-itu-bios-dan-apa-fungsi-bios-pada-komputer

http://slamet-riyadi04.blogspot.com/2009/04/ram-dan-rom.html

http://ebsoft.web.id/safe-mode-manfaat-dan-penggunaannya/

5 Komentar

lita safitrin

pada : 28 May 2012


"ahahahah..
manfaat safe mode-nya serupa.. dan banyak yang sama..
:D"


Fadhlin Amalia Arif

pada : 31 May 2012


"Ica, mau tanya, cara membuka registry editor itu melalui apa? apakah ada program khusus untuk membuka file registry?"


Annisa Aulia Rahmah

pada : 19 June 2012


"jawaban dari pertnyaan amel,
Registry Editor dalam OS seperti Windows 7 merupakan sebuah database yang menyimpan semua informasi sistem termasuk settingan dalam windows yang berisi informasi tentang bagaimana sebuah program dalam komputer berjalan. cara membuka registry editor :
Buka registry editor dengan cara klik Start, dan ketik regedit kemudian tekan enter. Kalau di Windows XP, klik Start, Run kemudian ketik regedit dan tekan tombol enter.

kurang lebih seperti itu
"


nabila meutia zahra

pada : 23 June 2012


"assalamualaikum icha, saya ingin bertanya. apa ada kelemahan pada saat penggunaan safe mode?jika ada, apa saja kelmahannnya?
dan apakah dapat membahayakn PC dan perangkatnya. terimakasih"


Annisa Aulia Rahmah

pada : 25 June 2012


"wa'alaykumsalam bila.
hmm..kelemahan safe mode ya..
kalau yang saya tahu dari beberapa refensi tidak ada yang menyebutkan kelamahan safe mode..tapi ada satu yang menyebutkan kalau kelemahan safe mode adalah diketahui oleh RONTOKBRO. Rontrokbro adalah jenis virus lokal pertama yang dapat menyebar melalui email berbeda dengan virus lokal lain yang hanya dapat menyebar melalui disket/USB. Saya juga bekum begitu jelas dengan hal ini virus ini."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :