ANNISA AULIA RAHMAH

Berpacu menjadi yang terbaik

Operating System (OS) Secara Umum

diposting oleh annisa-a-r-fst10 pada 19 May 2012
di Umum - 4 komentar

Pada bahasan ini akan dijelaskan secara singkat konseptual dari suatu mesin atau hardware salah satunya yang berkaitan dengan Operating System (OS). Seperti  yang kita ketahui bahwa dalam dunia IT banyak sekali OS yang ada dan berkembang pada era global sekarang ini diantaranya Linux, iOS, Syimbian, Microsoft Windows, dan yang saat ini booming adalah Android. Operating System (OS) sendiri adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer serta menyediakan berbagai layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak (Sistem Operasi, wikipedia.com). Banyak orang awam mengira bahwa Java merupakan salah satu dari OS tetapi sebenarnya Java bukanlah suatu OS. Java hanya fokus pada fungsi tertentu sehingga tidak menghasilkan banyak aplikasi untuk diproses.

 

Saat seperti sekarang ini embadded system seperti handphone dan kamera bersaing ketat dengan PC yang berbasis OS. Embadded system pun saat ini sudah mempunyai OS sendiri seperti Android for Mobile dan Microsoft for Mobile dengan kapasitas memori yang hampir sama dengan PC. PC juga tak mau kalah, banyak perusahaan PC yang memperkecil ukuran PC bahkan ukurannya bisa hampir sama seperti mobile phone tetapi fiturnya tetap seperti PC biasa dengan kapasitas memori yang besar. Jadi, bisa dikatakan bahwa saat ini antara embadded system dengan PC berbasis OS sudah sekelas. Sehingga pemrograman antara keduanya sudah tidak dibedakan karena memori keduya sama hanya tergantung pada bahasa pemrograman yang digunakan saja.

 

Operating System memiliki tujuan agar pengguna bisa menjalankan aplikasi pada OS tersebut dengan cara mengetahui bahasa yang digunakan. Pemrograman pada suatu OS menyediakan bagaimana cara untuk berkomunikasi dengan OS tersebut. Tidak hanya itu, OS juga memiliki domain string, API (Application Programming Interface), dan kernel yang berfungsi untuk mengakses berbagai aplikasi serta menambah fitur. API adalah sebuah set fungsi layanan dasar yang siap dieksekusi oleh entitas programming external (dailiysocial.net). Kernel merupakan bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum (wikipedia.com). Di dalam OS terdapat bermacam-macam perintah. Ada pula yang disebut sebagai driver, yaitu penghubung antara bahasa OS dengan perangkat kerasnya juga untuk menerjemahkan apa saja yang ada di dalam mesin atau hardware tersebut.

 

Salah satu contoh OS yang sudah banyak digunakan adalah Microfost Windows. Pada Windows terdapat file .dll. Disitulah disimpan fungsi common string untuk mengakses Windows tersebut. Untuk mengontrol hardware pada Windows pengguna harus mengetahui apa saja yang ada di dalam file .dll tersebut.

 

Artikel di atas saya tulis berdasarkan apa yang saya dapatkan saat perkuliahan pemrograman komputer pertama dengan pak Soegianto. Semoga bermanfaat ^^.

4 Komentar

Hana Fitriani

pada : 08 June 2012


"Share yang keren nih! :D
Sebenarnya kalau Indonesia bisa me-take over OS pasti bakal keren banget, kira-kira gimana ya peluang Indonesia buat bikin OS sendiri?
"


Annisa Aulia Rahmah

pada : 19 June 2012


"@hana fitriana
wahhh..ide yang bagus itu han,,berhubung hana sekarang berkecimpung di sistem informasi UI pasti memiliki pengetahuan yang lebih dibanding saya,,
untuk peluang Indonesia membuat OS sendiri, sebenarnya bisa saja asalkan benar-benar dilakukan oleh orang-orang yang ahli dalam bidang tersebut dan tidak ada kepentingan apapun kecuali hanya untuk kemajuan bangsa. mungkin para ahli IT di Indonesia perlu memikirkan hal ini supaya kita tidak hanya menjadi pengguna yang pasif."


Mirzaq

pada : 20 June 2012


"jika didalam windows terdapat file .dll, bahasa apa yang digunakan oleh file tersebut??"


Annisa Aulia Rahmah

pada : 21 June 2012


"file .dll (Dynamic Link Library) biasanya ditulis dengan bahasa C/C++, Delphi atau bahasa lainnya yang mendukung sistem operasi windows."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :